Antonio Rudiger Melaporkan Tindakan Rasisme Pada Wasit

Antonio Rudiger Melaporkan Tindakan Rasisme Pada Wasit

tottenham hotspur, premier league anti-discrimination protocol, cesar azpilicueta, premier league, chelsea, antonio rudiger

Walau seharusnya sepak bola adalah olahraga yang mengusung sportivitas dan bisa dinikmati oleh semua kalangan, hingga saat ini isu rasial masih saja menghantui olah raga yang satu ini. Baru- baru ini pemain Chelsea, Antonio Rudiger menjadi korban tindakan rasisme yang dilakukan oleh segelintir penggemar Tottenham Hotspur saat kedua tim tengah bertanding di Tottenham Hotspur Stadium beberapa hari yang lalu.

Pada menit ke 63 pertandingan, Antonio Rudiger terlihat mendatangi wasit pertandingan, bersama dengan rekan satu timnya sekaligus kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta. Mereka melaporkan tindakan rasisme tersebut. Pada saat bicara dengan wasit terlihat Antonio Rudiger mencontohkan gerakan monyet, untuk memperagakan pada sang wasit cemoohan apa yang ia terima dari fans tersebut.

Sesaat setelah laporan tersebut, tiga pengumuman terdengar di seantero lapangan Tottenham Hotspur yang menegaskan bahwa tindakan rasisme tidak dibenarkan dan tak memiliki tempat dalam sepak bola. Kejadian ini pun sekaligus mengaktifkan Premier League’s anti-discrimination protocol untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Penyelidikan Menyeluruh Tengah Dilakukan Menyusul Tindakan Rasisme di Tottenham Stadium

Menyusul insiden tersebut, pihak Tottenham Hotspur mengatakan bahwa mereka akan melakukan penyelidikan menyeluruh dan menemukan pelaku tindakan rasisme tersebut dan akan memberikan ganjaran setimpal, termasuk untuk menetapkan larangan memasuki stadion bagi para pelaku.

Beberapa jam usai pertandingan, Antonio Rudiger pun menulis sebuah pernyataan di akun sosial medianya. Ia mengucapkan terimakasih pada para fans dan juga para rekan sesama pemain sepak bola yang telah memberikan dukungan padanya, termasuk para pemain Tottenham Hotspur. Ia juga menegaskan bahwa ia harus melaporkan kejadian tersebut agar publik menjadi lebih paham bahwa tindakan rasisme sama sekali tidak dibenarkan. Ia tak ingin kejadian ini dilupakan begitu saja setelah beberapa hari dan tak memberikan efek jera.

Berbagai komentar dan dukungan pun diberikan oleh beberapa pemain sepak bola. Setau agen bola terpercaya salah satunya adalah Paul Pogba yang memulai aksinya sendiri yang menghimbau rekan-rekannya untuk menggunakan gelang berwarna hitam putih untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas buruknya tindakan rasisme.